Selasa, 22 Maret 2011

postingan ketiga perkuliahan report manajemen pemasaran dan jasa

Manajemen pemasaran dan jasa pendidikan
Menganalisis Lingkungan Organisasi Pendidikan

            lingkungan adalah bersikap fisik maupun nonfisik yang mempengaruhi seseorang. Lingkungan itu bersifat perspektual atau dapat dirasakan berbeda oleh setiap orang. Dalam lingkungan pelaku diluar marketing itu sendiri yang mempengaruhi pengelolaan pemasaran untuk mengembangkan dan juga menjaga adag transaksi bisnis dengan pelanggan dapat berjalan secara baik.
      Lingkungan pemasaran itu terdapat 2 jenis  yaitu lingkungan pemasaran internal dan eksternal. Lingkungan pemasaran internal  antara lain : (1) Berbicara tentang manusia (people) ; yang pertama disini dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru yang memiliki background keilmuan yang harus cocok, yang kedua placement; penempatan atau posisi yang dimiliki seorang guru harus sesuai agar guru tersebut dapat bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian (professional) yang dimilikinya.selanjutnya bila semua sudah dipenuhi reward harus sesuai,yang ketiga adalah apresiasi terhadap prestasi kerja yang didapat.
 (2) Kebijakan : kebijakan harus menggambarkan visi dan misi yang di capai (mau kemana tujuannya dan harus sesuai dengan visi dan misi dari organisasi tersebut), aturan-aturan yang digunakan juga harus di perhatikan disini berkaitan dengan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan oleh seseorang,.
 (3) Leadership ; disini gaya kepemimpinan juga sangat mempengaruhi suatu organisasi. Karena jika gaya kepemimpinannya buruk maka akan terpengaruh oleh organisasinya tersebut. Disini terdapat macam-macam gaya kepemimpinan yang pertama ada gaya kepemimpinan yang sentral adalah apapun yang dilakukan menurut pemimpinnya. Kedua gaya kepemimpinan moderat adalah seorang pemimpin dalam mengambil keputusan bertanya dahulu kepada bawahannya. Dan yang terakhir ada gaya kepemimpinan lepas tangan adalah gaya kepemimpinan yang semua pekerjaannya dilimpahkan ke manajer. (4) Reward system atau pemberian penghargaan sangat penting di lakukan untuk menilai dan menghargai dari prestasi seseorang, pemberian reward system dapat berupa materi (gaji beserta tunjangan-tunjangan) dan non materi  berupa pujian atau penghargaan terhadap seseorang dalam bentuk hadiah. Dan yang ke  (5) Culture ( nilai-nilai yang di anut). Yaitu nilai yang berbeda yang mengikat setiap orang,tampilan fisik.seperti: bangungan,orang (seragam), warna bentuk. Dan melakukan akulturasi budaya.
Dan yang kedua lingkungan pemasaran eksternal antara lain yaitu : (1)Demografi (banyak penduduk) bias dilihat dari faktor  kepadatan penduduk, lokasi atau tempat tinggal seseorang (banyak pedagang yang berjualan di tempat yang macet), usia, gender, ras dan juga dari occupation atau pekerjaannya. (2) Economic Environment (3)Natural Environment (Lingkungan Alam) (4) Teknologi: contohnya ada kulkas di dalam ruang kelas, ada kamar mandi di dalam ruang kelas. Dan yang ke (5) Lingkungan budaya ; ( dahulu orang di desa memiliki kebiasaan menaruh unggas di dalam rumahnya, lalu setelah timbulnya penyakit flu burung kebiasaan tersebut menjadi hilang dan unggas yang mereka pelihara, mereka taruh diluar karena sebaian warga takut kena penyakit tersebut.



Disusun oleh:
D.Zaenal Abidin MP 2009 Reguler
1445090023



0 komentar:

Posting Komentar