Minggu, 27 Maret 2011

posting report manajemen pemasaran dan jasa ke-4 "segmentasi dan target pasar"

Segmentasi dan Target Pasar

Pasar menjadi suatu tempat pemasaran produk. Pemasaran produk merupakan pemasaran produk yang bervariasi , gaya yang berbeda, kualitas (beda produk akan beda kualitas produknya), ukuran produk dan kemasan produk.

Untuk memasarkan suatu produk perlu menentukan target marketing ,yaitu segmen yang akan dituju. Sebagai contoh : Mc D yang pertama kali membuka resto hanya menyediakan burger, karena masyarakat Indonesia tidak terbiasa memakan burger sebagai makanan utama, maka Mc d memunculkan inovasi baru yaitu dengan menjual paket nasi. Dan selain itu di dalam resto diadakan tempat bermain untuk anak-anak yang datang bersama orang tuanya,tentu saja orang tuanya tidak hanya memesan untuk anaknya saja dia juga mmemesan untuk dirinya sehingga resto mengadakan pula menu untuk orang tuanya.

Ada 3 jenis pemasaran dalam pasar, yaitu :
yang pertama mass marketing dalam jenis pemasaran ini produsen menjual banyak produk atau membuat produksi barang yang banyak (Contohnya seperti coca-cola), yang kedua product variety marketingjenis pemasaran ini menjual produk yang bervariasi, tampilan tambahan dari produk seperti style, quality, size. Lalu yang ketiga target marketingjenis pemasaran ini memasarkan produknya dengan cara mengidentifikasi target (calon pembeli).

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis yang dilihat berdasarkan :
Tempat ,tempat disini menanyakan suatu usahan akan  dibawa kemana? Aspek tempat ini meliputi : Negara, Nation, Regional, Kota dan Desa.
Demografis, keberhasilan usaha dilihat dari manusi yang akan menjadi segmen utama. Yang meliputi : usia, gender, family size (ukuran keluarga), family life cycle (kekuatan kekerabatan dalam keluarga), income/pendapatan dari orang yang dituju, occupossion/ pekerjaan, education/pendidikan, religion/agama, ras/suku, nationality/kebangsaan, age life cycle.
Behavior ,berhubungan dengan perilaku pembeli. Satu yang penting dalam factor behavior adalah satu objek yang sama belum tentu disikapi arti yang sama dengan orang yang berbeda. Factor ini meliputi ,pengertahuan tentang produk, sikap terhadap produk, penggunaan (apa langsung digunakan/digunakan nanti), respon/penilaian terhadap produk, dan manfaat yang dapat diperoleh.
Benefit, kesuksesan usaha dilihat dari pemanfaatan  yang dipakai oleh manusia/pembeli. Adapun factor yang meliputi : ekonomi, demografis, perilaku(penggunaan tinggi), psikografis, high sociability, dan brand/merk. Contoh : pasta gigi sekarang dikemas dengan berbagai rasa, ada untuk pemutih dan penghilang bau rokok (ekonomi), ada pula sikat gigi yang ditujukan untuk anak-anak, remaja, laki-laki, perempuan (demografis), pasta gigi pun juga dibuat dengan pewangi yang akan menharumkan mulut pemakainya (high sociability).

0 komentar:

Posting Komentar