Senin, 28 Februari 2011

resume manajemen pemasaran jasa

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan

Apa yang dimaksud Pemasaran?
Pemasaran adalah suatu kegiatan mengkomunikasikan sesuatu yang kita miliki entah barang maupun jasa pada orang lain agar mereka mengenal produk yang kita miliki. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki hubungan paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal lembaga pendidikan memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi. Strategi pemasaran merupakan pernyataan mengenai bagaimana suatu merek atau produk mencapai tujuannya. “komunikasi” merupakan inti dari pemasaran,yaitu semakin komunikasi yang dilakukan semakin baik maka proses pemasaran akan terlaksana dengan sempurna dan tujuan pemasaran akan apa yang kita miliki pada konsumen atau orang akan sempurna.

Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
  • Kebutuhan
Adalah sesuatu yang harus dipenuhi saat itu juga dalam pemenuhannya
  • Keinginan
Adalah segala sesuatu yang pemenuhannya dapat dilakukan ataupun tidak,dengan melihat terlebih dahulu kemampuan yang dimiliki dalam pemenuhan keinginan tersebut. Keinginan merupakan tindak lanjut dari kebutuhan. Yaitu keinginan timbul dari rasa inginnya memenuhi kebutuhan walaupun tidak harus saat itu juga dipenuhi. Keinginan juga biasanya dipengaruhi dari budaya,rasa ingin tahu,dan ketertarikan akan hal yang baru.
  • Permintaan
Adalah suatu kegiatan pemenuhan kebutuhan yang dilakukan atas rasa keinginan yang dipengaruhi oleh proses pemasaran yang dilakukan produsen. Dalam permintaan tentu harus melihat juga sampai mana kemampuan kita dalam pemenuhan permintaan tersebut baik dalam segi financial dan karakteristik dari kebutuhan.

Dalam bidang pendidikan produk yang kita miliki adalah jasa. Dalam pemasaran jasa tentu memerlukan strategi yang tepat dalam proses pemasarannya pada masyarakat karena dalam bidang pendidikan setelah proses transaksi akan jasa yang kita miliki kita juga bertanggung jawab atas pendidikan yang didapat oleh peserta didik. Oleh karena itu kita selaku pemilik jasa harus dapat memasarkan dengan baik agar masyarakat mengerti akan jasa yang kita tawarkan yaitu pendidikanl. Pendidikan yang bergerak dalam bidang jasa di tuntut memiliki kemampuan dalam memasarkan jasa pendidikannya. Untuk itu pemahaman mengenai bermacam-macam strategi dalam pemasaran jasa pendidikan sangat diperlukan bagi kemajuan organisasi pendidikan. Yang dijual dari pendidikan adalah nilai atau value.

Jasa?
Jasa merupakan apapun yang dapat menjual baik personal maupun service, tempat, organisasi, ide, nilai produk, interaksi, produsen dan konsumen.
Sementara jasa pada dasarnya adalah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • .      suatu yang tidak berwujud, tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen
  • .      proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik
  • .      jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan
  • .      terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.
  • .      Jasa itu dibeli dahulu baru diproses
  • .      Kualitas jasa ditentukan oleh kualitas interaksi antara konsumen dengan produsen.

Jasa bersifat intangible atau tidak berwujud. Karena tidak berwujud, konsumen biasanya melihat tanda-tanda dan sesuatu yang bisa dilihat atau dirasakan untuk bisa menilai kualitas suatu jasa. Mereka akan melihat kualitas dari para pegawainya, peralatan, tempat, simbol, dan juga harga yang bisa mereka rasakan.
Manajemen pemasaran yang mempromosikan produk maupun jasa, berkaitan dengan transaksi antara dua pihak yang saling membuat persetujuan (agreement) dan nilai (value). Selain itu transaksi dalam pemasaran juga membutuhkan waktu serta tempat kesepakatan. Jadi pelanggan dan pedagang saling menentukan kapan rentang waktu pedagang menyelesaikan pekerjaannya dan dimana tempatnya.

Pasar
Adalah proses social dan manajerial yang dilakukan individu/kelompok yang dipertemukan untuk memperoleh kebutuhan dan keinginnanya melalui pertukaran produk dan nilai dengan orang lain.
Instrument penting dalam pasar adalah:
  •   Produsen
  •   Konsumen
  •   Produk/jasa
Dalam pasar terdapat suplay atau permintaan dan demand atau penawaran. Semakin besar suplay dan demand tetap maka harga yang ditawarkan akan turun.

Filosofi dalam pemasaran, antara lain :  

Production concept
Merupakan konsep dalam pemasaran yang menggunakan teknik dengan produksi yang sebanyak-banyaknya, serta tempat untuk memproduksikannya pun berada dimana-mana.contoh : alfamart 

Product
Merupakan produksi yang menggunakan teknik pemasaran dengan mempercantik kemasan dari produk dan fitur yang dimiliki produk tersebut agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Selling concept
Merupakan konsep pemasaran yang menggunakan teknik dengan menjual barang atau produk dengan skala yang terbesar atau terpenuhi dalam satu tempat, sehingga memudahkan pelanggan dalam membeli sebuah produk,dan ada iklannya.

Marketing concept
Merupakan konsep pemasaran yang menggunakan teknik dengan memasarkan barang meskipun tanpa membawa produknya terlebih dahulu,dalam marketing concept membicarakan tentang kepuasan pelanggan,dan melihat kebutuhan konsumen secara cermat dan memberikan solusi terhadap masalah konsumen. 

Social marketing
Merupakan konsep pemasaran yang menggunakan teknik pemasaran yang menjual nilai social responsibility agar semua untung (pedagang, pelanggan, bahkan lingkungan), contoh : AQUA.


disusun Oleh :
D.ZAENAL ABIDIN
1445090023

MANAJEMEN PENDIDIKAN REGULER 2009

0 komentar:

Posting Komentar